Tips Dan Dasar Windows 7

|

Setelah terbitnya Windows Vista dan SP3, kini pengguna sistem operasi milik microsoft ini telah meluncurkan secara resmi Windows 7 ke pasaran Indonesia. Sejumlah percobaan terus dilakukan dengan menciptakan serangkaian sistem operasi termasuk Windows 7 ini. Disini saya akan memberikan sedikit tentang dasar serta pengenalan pengoperasian Windows 7. Misalnya mengubah tema, Background, Gadget, Mouse Pointer, Gambar User dan lain sebagainya.

Bagi anda pengguna Microsoft Windows 7 ini mungkin sangatlah mudah, akan tetapi anda yang belum mengetahui pasti akan terasa sedikit kesulitan dalam pengoperasiannya.
Berikut merupakan dasar-dasar yang ada dalam Windows 7 dan sedikit tentang pengoperasiannya.

* Memindahkan Taskbar - Vista dan XP memberikan beberapa kebebasan kepada anda untuk memindahkan taskbar, user yang sangat memmbutuhkan kegunaan taskbar akan menyimpan di sisi atau di atas screensaver sehingga dengan mudah untuk menariknya sejumlah lokasi yang diinginkan.
* Mengubah Start Menu - Cukup dengan meng-klik kanan tombol start, pilih propertis, lalu customize. Dri sini anda bisa memutuskan apakah anda akan memilih untuk menampilkan hal-hal seperti Computer, Games, Music, Control Panel, Document dan banyak lagi. Anda juga bisa bisa memutuskan apa yang akan anda munculkan di menu ketika di-klik, sebagai contoh tombol Control Panel bisa muncul dari ikon bersamaan dengan tombol lain yang biasa muncul.
* Mengubah Tombol Power - Dengan vista, ada banyak orang yang bingung pada tombol power dengan menjadi posisi default di PC dalam posisi Sleep ketimbang Shutdown. Di Windows 7, sistem default ini sudah direstorasi keposisinya untuk mematikan PC, namun anda bisa mengubahnya ke posisi Sleep, mengubah user, Log off, atau Restart di posisi Startmenu
* Pin Folder - ini sedikit berbeda dari memberikan pin pada aplikasi. Anda harus meng-klik kanan Windows Explorer Icon untuk menempelkan folder baru yang tidak mendapatkan ikon sendiri.
* Menggunakan Gadget - gdget tidak akan muncul secara default, suatu hal yang sama dengan Sidebar di Vista, tapi kini mereka bisa ditempatkan dimana saja pada Dekstoptermasuk ditempatkan pada posisi kanan. Ada beberapa gadget termasuk OS yang bisa didapatkan secara online, seperti Weather, Headlines, Click, Calender, CPU, dan Memory Usage.

Selain itu, Windows 7 juga menyediakan banyak Background. Sebagai catatan, nda bisa meningkatkan kecepatan dari Cursor Mouse dan memilihnya menjadi opsi default dalam dialog box atau menampilkan animasi lingkaran saat menekan Ctrl Key

* Mengubah Screensaver - Windows ini belum banyak menawarkan screensaver, namun tampilan dari monitor sudah cukup untuk sebuah tampilan. Tapi anda masih bisa malakukan perubahan dari seluruh PC dan sejumlah screensaver dari Vista dapat pula digunakan. Anda dapat memilih opsi dari ikon sebelah kanan bawah di bagian kontrol panel>Personalization, dan anda bisa mengunduh lebih banyak screensaver dari situs seperi WinCustomize.com
* Menggunakan Pengenal Suara - ini adalah salahsatu yang tidak dipertimbangkan keberadaannya dari Vista yaitu fitur pengenalan suara. Ini memberikan memberikan kesempatan pada jari-jari anda untuk beristirahat dan juga memberikan pekerjaan yang memukau dari sistem kontrol dan sistem operasi.
* Menggunakan Autoplay - saat memasukkan Plugin sebuah alat elektonika seperi kamera atau disk, maka kotak Autoplay akan muncul secara otomatis dan menawarkan sejumlah tindakan yang mana anda ingin lakukan seperti menjalankan sebuah aplikasiatau melihat file dan folder. Segera ke Control Panel untuk Hardware dan Sound Panel dan anda bisa menentukan aksi apa yang akan anda ambil jika menggunakan Autoplay.
* Menempatkan Device di Taskbar - sejumlah alat elektronik seperti kamera, smartphone dan juga printer akan memberikan pengalaman dalam melkukan perubahan pengaturan seperti yang anda inginkan dengan menggunakan fitur Device Stagedi Windows 7. Anda bisa menempatkan foto dengan memasang gambar yang mewakili sebuah hardware di taskbar seperi sebuah ikon.
* Mengubah Tema - tema utama dari Windows 7 sudah sangat menyenangkan, namun kotak Personalization menawarkan sejumlah opsi yang sangat menarik. Diantaranya adalah tama arsitektur, karakter kartun, pemandangan alam dan juga gambar seni dan abstrak. Micrisoft sudah memberikan komisi kepada sejumlah seniman karena membuat tema ini. artinya mereka membayar seniman menciptakan sebuah tema. Untuk anda yang berminat, silahkan membuat tema sendiri dan menjual kepada Microsoft...(bercanda kaliii!!! he 10X, dasar mata duitan).
* User Icon - dari Control Panel, user memilih 36 gambar sendiri untuk menampilkan user icon.
* Mengubah Suara - jika bosan dengan sistem suara default pada Win 7 ini, cobalah untuk mengubahya ke Afternoon, dimana user akan mendapatkan nada raga yang menggunakan suara gitar Asia Selatan atu sonata yang menggunakan instumen klasik. Mengubah tama, otomatis mengubah suara, namun anda juga bisa menggabungkannya serta yang sesuai dengan selera anda.
* Menambah Toolbar - saat meng-klik kanan taskbar, klik toolbar dan anda akan dengan mudah menambah link kolom pencarian. Tidak berbeda dengan pengguna SP2, SP3, ataupun Vista. Jika anda sudah mengunduh sejumlah aplikasi seperti iTunes, anda dapat menambahkannya ke toolbar.

Sebenarnya cara-cara diatas merupakan tekhnik dasar pengoperasian Windows 7. Masih banyak lagi tips serta cara yang lain untuk perlu diketahui para pengguna. Pada kesempatan lain saya akan menguraikan beberapa lagi tentang Windows 7 ini, cuma saat ini penulis betul-betul letih dan sangat lelah.
Semoga diuraian ini anda yang tidak mengetahui, akan sedikit paham tentang Win 7 ini.

Selamat Mencoba

Join the team! By Submitting your email address:


0 komentar:

Posting Komentar

Biar tambah semangat tolong di beri Komentar yah...

 

©2009 Andhy79 Blogger | Template Blue by TNB